Batman Begins - Diagonal Resize 2
JANGAN LUPA FOLLOW BLOG KAMI UNTUK SELALU MENDAPATKAN UPDATE TENTANG ILMU EKONOMITERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DI BLOG INI

Senin, 10 November 2014

RUANG LINGKUP ILMU EKONOMI

PENGERTIAN

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari suatu hubungan individu dengan masyarakat membuat pilihan (dengan atau tanpa uang) menggunakan narasumber yang terbatas untuk menghasilkan barang dan jasa sebagai pemuas kebutuhan manusia yang relative tidak terbatas. Barang dan jasa yang dihasilkan kemudian didistribusikan untuk kebutuhan konsumsi sekarang dan di masa yang akan datang kepada berbagai individu dan kelompok masyarakat.

Ekonomi berasal dari kata "Eikos" yang artinya rumah tangga dan "Nomos" yang berarti aturan.

Secara fundamental dan historis, ilmu ekonomi dapat dibedakan menjadi 2 yaitu:
1. Ilmu Ekonomi Positif
Hanya membahas deskripsi mengenai fakta, situasi dan hubungan yang terjadi dalam ekonomi. Merupakan ilmu yang melibatkan diri dalam masalah “apakah yang terjadi”. Oleh karena itu ilmu ekonomi netral terhadap nilai – nilai. Artinya, ilmu ekonomi positif atau bebas nilai, hanya menjelaskan ‘apakah harga itu’ dan ‘apakah yang terjadi jika harga itu naik atau turun’ bukan ‘apakah harga itu adil atau tidak’
2. Ilmu ekonomi normatif
Membahas pertimbangan – pertimbangan nilai etika. Ilmu ekonomi normatif beranggapan bahwa ilmu ekonomi harus melibatkan diri dalam mencari jawaban atas masalah “apakah yang seharusnya terjadi”. 
Ilmu ekonomi sebagai bagian dari ilmu sosial, tentu berkaitan dengan bidang disiplin akademis ilmu sosial lainnya, seperti ilmu politik, sosiologi, psikologi, antropologi, sejarah, geografi dll. Sebagai disiplin yang mengkaji tentang aspek ekonomi dan tingkah laku manusia, juga berarti mengkajiperistiwa – peristiwa ekonomi yang terjadi di dalam masyarakat.
Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa tujuan ilmu ekonomi adalah untuk mencari pengertian tentang hubungan peristiwaekonomi, baik berupa hubungan kausal maupun fungsional dan untuk dapat menguasai masalah – masalah ekonomi yang di hadapi oleh masyarakat.

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Ahli :
  • Prof. Paul Anthony Samuelson Ilmu ekonomi adalah studi tentang manusia dalam kegiatan hidup mereka sehari-hari untuk mendapat dan menikmati kehidupan.
  • Suherman Rosydi ilmu ekonomi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berdaya upaya untuk memberikan pengetahuan dan pengertian tentang gejala-gejala masyarakat yang timbul karena perbuatan manusia dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhan atau untuk mencapai kemakmuran.
  • Ensiklopedi Indonesia Ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk mencapai kemakmuran serta gejala-gejala dan hubungan yang timbul dari usaha tersebut
  • Jack Hirshleifer Ilmu ekonomi merupakan studi tentang keputusan dalam memilih di antara berbagai tindakan yang mungkin di ambil, atau ilmu ekonomi juga mempelajari apa yang terjadi bila keputusan bermacam-macam orang saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya.
  • Case and Fair Ilmu ekonomi adalah studi tentang bagaimana individu dan masyarakat mengambil pilihan untuk menggunakan sumber daya yang langka yang telah disediakan oleh alam dengan generasi sebelumnya.
  • Adam Smith Ilmu ekonomi merupakan ilmu secara sistematis memprlajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber-sumber daya yang terbatas guna mencapai tujuan tertentu
  • Alfred Marshall Ilmu ekonomi merupakan ilmu atau studi yang mempelajari kehidupan manusia sehari-hari.
  • Von Neumann dan Mogenstern Ilmu ekonomi merupakan disiplin ilmu yang saying sekali bila tidak diperlakukan secara tidak ilmiah karena para tokoh terkemukanya sibuk mengurusi solusi-solusi untuk menhadapi masalah-masalah mendesak pada saman itu.
  • M. Manullang Ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu yang mempelajari masysrakat dalam usahanya untuk mencapai kemakmuran (kemakmuran suatu keadaan dimana manusia dapat memenuhi kebutuhannya, baik yang berupa barang-barang maupun jasa).
  • Lipsey Ilmu ekonomi merupakan suatu studi tentang pemanfaatan sumber daya yang langka untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas.
  • Alfred WIlmu ekonomi dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu ilmu ekonomi deskriptif, teori ekonomi, dan ilmu ekonomi terapan.
  • Samuekon Ilmu ekonomi merupakan sebuah studi yang menganalisis kerugian dan keuntungan meningkatkan pola-pola tertentu dalam pemakaian sumber daya.
  • Aristoteles Ilmu ekonomi merupakan sebagai sutau cabang dapat digunakan dengan dua jalan yaitu kemungkinan untuk dipakai dan kemungkinan untuk ditukarkan dengan barang. Nilai pemakaian dan nilai pertukaran.
  • Khursid ahmad ilmu ekonomi merupakan suatu upaya sistematis yang mencoba memahami permasalahan ekonomi dan perilaku manusia dalam hubungan dengan permasalahan tersebut dari sudut pandang islam.
  • M. Akram Khan Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang bertujuan mempelajari kesejahteraan manusia (falah) yang dicapai dengan mengorganisir sumber-sumber daya bumi atas dasar kerjasama dan pertisipasi.
  • Amwal Ilmu ekonomi merupakan salah satu cabang ilmu atau studi yang memjelaskan tentang bagaimana menentukan keputusan yang efektif dalam mengelola sumber daya yang ada dalam rangka memenuhi kebutuhan individu/masyarakat.

Masalah Pokok Ekonomi

Masalah ekonomi yang dihadapi manusia ada 2 macam:
  1. Ekonomi klasik terdiri dari masalah Produksi,Distribusi dan Konsumsi
  2. Ekonomi Modern terdiri dari :
    -What
    ? yang berarti "barang apa yang akan di produksi dan berapa jumlahnya?"
    -How?
    yang berarti "bagaimana cara memproduksinya?"
    -For Whom?
    yang berarti "untuk siapa barang itu?"

Jenis-jenis Kenutuhan

Berdasarkan cara pandang yang berbeda maka kebutuhan dapat dibedakan menjadi sebagai berikut:
  1. Menurut Perioritas Kebutuhan
    • Kebutuhan Primer Kebutahan yang paling utama untuk di penuhi,Contoh: Pangan,sandang dan papan
    • Kebutuhan Sekunder Kebutuhan yang melengkapi kebutuhan primer dengan lebih luas,lebih banyak dan lebih sempurna.Contoh:Tempat Tidur,Meja,Kursi,Radio,Buku,Alat Tulis,Komputer dll
    • Kebutuhan Tersier Kebutuhan apabila kebutuahan primer dan sekunder dapat terpenuhi karena kebutuhan tersier tertuju kepada barang-barang mewah,Contoh: Mobil,Perhiasan dll
  2. Menurut Sifat
    • Kebutuhan Jasmani Kenutuhan ini berhubungan dengan badan atau raga kita,Contoh: Makan,Minum,Olahraga dll
    • Kebutuhan Rohani Kebutuhan ini berhubungan dengan rohani dan batin kita,Contoh: Ibadah,Rekreasi,Mmbaca buku dll 
  3. Kebutuhan Menurut Waktu
    • Kebutuhan Jasmani Kenutuhan ini berhubungan dengan badan atau raga kita,Contoh: Makan,Minum,Olahraga dll
    • Kebutuhan Rohani Kebutuhan ini berhubungan dengan rohani dan batin kita,Contoh: Ibadah,Rekreasi,Mmbaca buku dll 
  4. Kebutuhan Menurut Subjek
  • Kebutuhan IndividualKebutuhan yang diperuntukan bagi perorangan,Contoh: Seorang siswa memerlukan pensil untuk ujian
  • Kebutuhan Kolektif  Kebutuhan yang dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat secara bersama,Contoh: Jalan Raya,Rumah Sakit,Pasar,Jembatan dll

BARANG dan JASA


Untuk memenuhi kebutuhannya,manusia membutuhkan barang dan jasa,Pembagian jenis barang berdasarkan pengorbanan untuk memperoleh barang tersebut adalah sebagai berikut:



  • Barang Bebas
    Untuk mendapatkannya tanpa pengorbanan
    Contoh: Air,Udara dan Sinar Matahari
  • Barang Ekonomi
    Untuk mendapatkannya perlu pengorbanan
    Contoh: Buku,Alat Tulis,Mobail dll
Pembagian barang berdasaekan hubungan pemakaiannya dengan barang lain adalah sebagai berikut:
  • Barang Subtiusi
    Barang yang dapat menggantikan barang lainnya jika terjadi kelangkaan
    Contoh: Jagung dapat menggantikan beras pada saat persediaan beras menipis
  • Barang Komplementer
    Barang yang makin berguna jika dipakain bersama-sama dengan barang lain
    Contoh: Jarum dan Benang serta Mobil dan Aki Mobil

Macam-Macam Sistem Ekonomi 

1.Sistem Ekonomi Liberal-Kapetalis Sistem ekonomi liberal-kapitalis adalah suatu sistem yang memberikan kebebasan yang besar bagi pelaku-pelaku ekonomi untuk melakukan kegiatan yang terbaik bagi kepentingan individual atau sumber daya-sumber daya ekonomi atau faktor produksi. Secara garis besar, ciri-ciri ekonomi liberal kapitalis adalah sebagai berikut :a. Adanya pengakuan yang luas terhadap hak pribadib. Praktek perekonomian di atus menurut mekanisme pasarc. Praktek perekonomian digerakan oleh motif keuntungan (profilemotife)

2.Sistem Ekonomi Sosialis-Komunistik Dalam sistem ekonomi sosialis-komunistis adalah kebalikannya, dimana sumber daya ekonomi atau faktor produksi dikuasai sebagai milik negara. Suatu negara yang menganut sistem ekonomi sosialis-komunis, menekankan pada kebersamaan masyarakat dalam menjalankan dan memajukan perekonomian.Dalam sistem ini yang menonjol adalah kebersamaan, dimana semua alat produksi adalah milik bersama (negara) dan didistribusikan untuk kepentingan bersama sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

3.Sistem Ekonomi Campuran (mixed ekonomi )Di samping kedua ekstrim sistem ekonomi tersebut, terdapat sebuah sistem yang lain yang merupakan “atas campuran : antara keduanya, dengan berbagai fariasi kadar donasinya, dengan berbagai fariasi nama dan oleh istilahnya. Sistem ekonomi campuran pada umumnya diterapkan oleh negara-negara berkembang atau negara-negara dunia ke tiga. Beberapa negara di antaranya cukup konsisten dalam meramu sistem ekonomi campuran, dalam arti kadar kapitalisnya selalu lebih tinggi (contoh Filipina) atau bobot sosialismenya lebih besar (contoh India). Namun banyak pula yang goyah dalam meramu campuran kedua sistem ini, kadang-kadang condong  kapitalistik.Pada dasarnya sistem ekonomi campuran atau sistem ekonomi kerakyatan dengan persaingan terkendali, agaknya merupakan sistem ekonomi yang paling cocok untuk mengelola perekonomian di Indonesia, namun demikian akhir-akhir ini sistem ekonomi Indonesia semakin condong ke ekonomi liberal dan kapitalis hal ini ditandai dengan derasnya modal asing yang mauk ke Indonesia dan banyaknya BUMN dan BUMD yang telah diprivatisasi. Kecenderungan tersebut dipacu derasnya arus globalisasi dan bubarnya sejumlah negara komunis di Eropa Timur yang bersistem ekonomi sosialisme-komunistik.

4. Sistem Ekonomi TradisionalSuatu sistem ekonomi yang masih menggunakan faktor-faktor produksi dengan pola tradisional atau adat kebiasaan yang tergantung pada faktor alam. Mtoivasi kegiatan ekonominya, yaitu untuk memenuhi kebutuhan bersama.

5. Sistem Ekonomi PasarSistem ekonomi pasar adalah suatu sisten ekonomi yang sebagian besar barang-barang kapital baik yang buatan manusia maupun buatan alam yang dimiliki swasta. Proses produksi, distribusi, dan konsumsinya dilaksanakan dalam rangka mencari laba yang sebesar-besarnya oleh pemilik.

6. Sistem Ekonomi TerpusatSuatu sistem ekonomi yang seluruh kebijakan perekonomiannya ditentukan oleh pemerintah. Motivasi kegiatan ekonomi nya adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara keseluruhan dan untuk kemakmuran negara.

7. Sistem Ekonomi IndonesiaSistem ekoomi Indonesia dikenal sebagai Demokrasi Ekonomi adalah Sistem Ekonomi yang dijalankan oleh Indonesia. Pda sistem ini, kegiatan produksi dilakukan oleh semua, untuk semua, dan dibawah pimpinan atau kepemilikan oleh anggota-anggota masyarakat. Motivasi kegiatan ekonominya dalah untuk kemakmuran masyarakat dengan memenuhi kebutuhannya dan mengembangkan keselarasan, keserasian serta keseimbangan antara kepentingan individu dan kepentingan masyarakat.Faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya sistem ekonomi Indonesia adalah sebagai berikut:

Faktor intern
  • Lembaga ekonomi
  • Sumber daya ekonomi
  • Faktor produksi yang dimiliki
  • Ligkungan ekonomi
  • Organisasi dan manajemen
Faktor Ekstern
  • Falsafah Pancasila
  • Landasan Konstitusional UUD 1945
  • GBHN
  • Keadaan kondisi politik
  • Kepastian hukum
  • Masyarakat dalam arti luas
  • Pemerintah



REFERENSI :



  • Buku SPM(Seri Pendalaman Materi)Ekonomi,hlm:2-4
  • Buku Paket Ekonomi Untuk SMA,hlm:1-21

Tidak ada komentar:

Posting Komentar